Kursus SEO Murah 2021

Kursus Seo,Siapa bilang SEO specialist butuh latar belakang pendidikan khusus? Nyatanya, siapa pun bisa menguasai bidang SEO dengan mengikuti kursus online.

Jika kamu belum mengerti SEO sama sekali, tenang saja. Kursus SEO ini memberikan penjelasan lengkapnya dari A-Z, kok.

Jadi, kamu bisa memahami dasar SEO terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa mempelajari strateginya.

Nah, sebelum kami berikan rekomendasi kursus SEO terbaik untukmu, ketahui manfaat dan tips belajar SEO dulu, yuk!

Apa Pentingnya SEO

SEO bukan lagi pelengkap strategi marketing perusahaan. Saat ini, hampir semua perusahaan sudah memanfaatkan SEO di website dan media sosial mereka.

Pasalnya, strategi yang satu ini punya beragam manfaat besar.

Menurut Digital Marketing Institute, misalnya, SEO bisa membuat situsmu mudah ditemukan di search engine seperti Google.

Jika mudah ditemukan, hal itu akan meningkatkan traffic situsmu. Kemudian, ada peluang besar untuk mengubah pengunjung situs menjadi pelanggan produk atau jasamu.

Memang, ada Google Ads dan cara-cara lain untuk mendatangkan orang ke situsmu.

Namun, dilansir dari Moz, SEO bisa mendatangkan traffic 20 kali lipat lebih banyak daripada pay-per-click (PPC). Hal ini berlaku di desktop dan mobile.

Jadi, sudah terbayang, bukan, seberapa pentingnya SEO? – APK Penghasil uang

Oleh karena itu, inilah saatnya untuk mengikuti kursus SEO. Ilmu yang kamu dapatkan bisa diterapkan di mana saja.

Tips Memilih Tempat Kursus SEO

1. Pilih level yang sesuai dengan kebutuhan

Ada begitu banyak kursus SEO yang bisa kamu temukan di internet. Namun, mereka memiliki level bahasan yang berbeda.

Ada yang tersedia khusus untuk pemula, menengah, maupun senior.

Oleh karena itu, pastikan kamu memilih kursus yang sesuai denganmu, ya.

Jika kamu baru ingin terjun ke dunia SEO, pilihlah kursus level beginner. Biasanya, kelas tersebut membahas seputar dasar-dasar SEO dan tools yang digunakan.

2. Cari tahu siapa pengajarnya

Pembicara merupakan satu faktor penting dalam sebuah kursus. Dengan adanya pemateri yang kompeten, kamu bisa mendapat ilmu yang berkualitas.

Maka, cari tahu latar belakang pembicara terlebih dahulu.

Apakah pekerjaannya saat ini berhubungan dengan SEO? Apakah pengalaman dan portofolionya sudah cukup untuk disebut sebagai seorang ahli?

Jika iya, berarti ia adalah pembicara yang tepat dan kamu bisa mengikuti kelasnya.

3. Pastikan penyelenggara kredibel

Biasanya, sebuah kursus SEO diadakan oleh lembaga atau organisasi tertentu. Nah, pastikan kursus yang kamu ikuti dibuat oleh penyelenggara yang kredibel.

Hal ini bisa menjamin bahwa ilmu yang kamu dapatkan betul-betul berkualitas. Sebab, mereka tidak membuat kursus tersebut semata-mata untuk mencari uang.

Lebih dari itu, mereka punya tujuan utama untuk meningkatkan skill peserta.

4. Sesuaikan dengan waktu yang dimiliki

Apalah artinya sebuah kursus jika waktunya tidak sesuai dengan waktumu. Misalnya, kursus tersebut diadakan pada jam kerja.

Kamu tentu akan sulit mengikutinya, bukan? Sebab, di saat yang bersamaan, kamu harus fokus bekerja.

Oleh karenanya, pilihlah kursus SEO yang diadakan sesuai waktu luangmu. Jadi, kamu bisa 100% fokus dalam mengikutinya.

5. Pilih kursus SEO bersertifikat

Sertifikat menjadi bukti bahwa kamu telah mengikuti kursus SEO dengan baik. Hal ini bisa kamu cantumkan di CV, lho.

Namun, jangan mengikuti kursus hanya demi mendapat sertifikat, ya. Bagaimana pun, tujuan utama dari mengikuti kursus adalah mendapatkan ilmu.

Tempat Kursus SEO di Bandung

Untuk kamu yang berdomisili di kota bandung dan ingin kursus SEO kamu bisa menghubungi nomor whatsapp di bawah ini.

Saya Belum Punya Website Apa Bisa Kursus SEO?

Kursus SEO di tempat kami akan di ajarkan juga bagaimana Cara membuat website, mulai dari web toko online, Company Profile, Government, PersonaL ,Entertainment,News Portal,

Apa Manfaat Kursus SEO ?

Temen-temen bisa memahami teknik pembuatan website sesuai kaidah Google, dan belajar SEO ON-Page dan off-page, tidak hanya belajar tapi sekaligus praktek biar semakin paham apa yang di ajarkan

Apa Saja Materi Kursus SEO ?

Materi yang dipelajari dari dasar hingga tingkat lanjut, mulai dari pengertian, riset keyword, membangun website yang SEO Friendly, Membuat Konten SEO, sampai ke teknik link building. Selengkapnya bisa Anda baca disini

Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Yang perlu dipersiapkan adalah laptop dan internet yang memadai. Kemudian waktu untuk belajar dan praktek langsung.

Kursus SEO Jakarta

Lokasi Tempat Kursus SEO di Jakarta

  • BabaStudio.Com
  • seoindonesia.co.id
  • dumetschool.com
  • rayaschool.com

Kursus SEO Bandung

  • Karisma Academy
  • JDC.CO.ID

Materi Kursus SEO

Konsep Dasar SEO

Untuk belajar SEO Anda perlu memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di halaman pencarian Google.

Website yang berada di posisi teratas akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan berkualitas secara gratis. Faktanya, posisi nomor 1 di mesin pencarian mendominasi hasil klik 10 kali lipat.

Namun, karena Google merahasiakan teknik perangkingan secara pasti, kita bisa intip beberapa indikator utama dari SEO. Pertama, Google suka website yang cepat. Kedua, Google suka dengan artikel yang bermanfaat dan relevan. Dan, masih banyak lagi.

Optimasi Kecepatan Website

Sebelum masuk ke berbagai optimasi lain, secara umum belajar SEO harus dimulai dari optimasi website agar lebih cepat. Sebab, kecepatan adalah salah satu ranking factor Google.

Jangan gunakan asumsi. Lakukan pengecekan menggunakan berbagai tools seperti Google PageSpeed Insights atau GTMetrix. Setelah mendapatkan hasilnya, lakukan optimasi sesuai yang direkomendasikan.

Jika kendala pada server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server optimal. Apabila ada kesalahan konfigurasi atau script yang mengganggu, segera perbaiki. Tak lupa, selalu aktifkan teknik kompresi seperti Gzip atau Brotli.

Memastikan website Anda sudah teroptimasi dengan baik adalah syarat untuk mendapatkan hasil optimal

Optimasi Website Agar Mobile-Friendly

Pengguna smartphone semakin meningkat dan akses internet lebih banyak dilakukan dari perangkat mobile. Tidak membuat website Anda mobile friendly adalah sebuah kesalahan.

Apalagi website yang mobile-friendly lebih diprioritaskan Google untuk muncul di peringkat atas hasil pencarian.

Cara melakukannya, Anda bisa memasang tema website yang responsif. Tidak hanya itu, jangan lupa gunakan font yang mudah dibaca dan sediakan whitespace yang cukup. Agar lebih optimal, gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages). Dan, beberapa tips lainnya.

Riset Keyword

Riset keyword menjadi bahasan yang tak kalah penting saat belajar SEO. Membuat konten tanpa riset keyword adalah sebuah kesalahan. Sebab, riset keyword membantu Anda memahami apa yang dibutuhkan pengguna internet saat ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika riset keyword adalah:

Search Volume yang menunjukkan banyaknya sebuah kata kunci diketikkan di Google ketika melakukan pencarian. Keyword Difficulty untuk memahami tingkat kesulitan sebuah kata kunci berada di halaman pertama mesin pencari.

Selain itu, ada Keyword Suggestion yang bermanfaat untuk mengetahui kata kunci yang memiliki tujuan (intent) yang sama. Hasil Pencarian juga penting untuk menganalisa bagaimana kompetitor bisa menduduki peringkat teratas.

Dengan melakukan riset keyword, Anda jadi tahu apa yang terbaik untuk konten website Anda

Membuat Konten

Membuat konten adalah tahapan dalam belajar SEO setelah riset keyword dilakukan.

Untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

Pertama, pastikan konten Anda relevan dengan kebutuhan pembaca. Jika tidak, blog/website Anda mungkin tidak akan dikunjungi. Kedua, buatlah konten yang unik dan memiliki volume pencarian yang baik. Ketiga, berikan informasi yang benar/valid dari sumber yang bisa dipercaya.

Masih banyak tips lain yang bisa Anda gunakan agar artikel website Anda tampil beda dari yang lain.

On Page SEO

Lebih dalam saat belajar SEO, Anda harus memahami On Page SEO. Inilah upaya optimasi yang menekankan pada perbaikan faktor internal sebuah website.

Beberapa langkah optimasi tersebut adalah penggunaan permalink yang tepat karena inilah yang menjelaskan isi konten Anda. Tips lain adalah menuliskan meta title dan meta description yang relevan dengan isi namun tidak terpotong di hasil pencarian.

Terkait konten, On Page SEO juga melakukan upaya penataan heading dan subheading dengan benar serta menempatkan kata kunci dengan benar.

Upaya optimasi On Page SEO lain masih cukup banyak. Jadi, pastikan Anda memahaminya dan menggunakannya di dalam website Anda.

Off Page SEO

Berbeda dengan On Page SEO, langkah optimasi Off Page SEO menekankan pada upaya di luar website itu sendiri.

Ketika belajar SEO untuk melakukan optimasi Off Page, inilah hal yang perlu Anda perhatikan:

Pertama, mendapatkan Brand Mention. Inilah cara efektif untuk mendapatkan trafik yang berkualitas. Google juga mempertimbangkan website yang mendapatkan mention di media untuk mendapat rangking atas.

Lalu, membuat profil Google Bisnisku yang akan memudahkan konsumen menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, jam operasional, foto bisnis Anda.

Beberapa upaya optimasi Off Page lain seperti reviews dan media sosial sharing juga perlu Anda lakukan dengan tepat.

Link Building

Menjadi bagian dari Off Page SEO, Link Building tak boleh Anda lupakan ketika belajar SEO. Link building adalah upaya mendapatkan link dari website lain yang mengarah ke website Anda.

Beberapa upaya yang bisa Anda lakukan ketika melakukan link building adalah:

Berupaya mendapatkan Referring Links yang banyak agar menunjukkan website Anda sebagai sumber informasi yang kredibel. Selain jumlah, pastikan link yang Anda dapatkan memiliki relevansi dengan topik.

Tidak cukup dua hal itu, Anda juga perlu membangun Domain Authority, memperhatikan jenis link apakah DoFollow atau NoFollow, dan masih banyak lagi.

Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking

Ada lebih dari 200 faktor yang digunakan Google untuk menentukan rangking website di hasil pencarian.

Jadi, tak heran kalau persaingan di halaman pertama Google sangatlah ketat. Google memang sengaja mempunyai ratusan faktor penilaian supaya adil dan mencegah manipulasi..

Namun untungnya, Anda tidak harus memenuhi ratusan faktor Google Ranking untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian. Anda hanya perlu fokus kepada beberapa faktor utama. Apa saja itu?

(Visited 95 times, 1 visits today)